Kamis, 21 Februari 2013

Aku Anak Indonesia ^^

Traraaaa..
Kelamaan nih ngga nengokin dunia per-blogan.. Maklum, sidang lagi padet ciiin... Jadi bawaannya klo ada waktu luang, ya duduk manis.. hehehe


Sekalinya walking-walking, eh, ada yg ngadain GA.. ikutan lagi boleh ya??
Tapi belum kenalan nih sama yg empunya GA, kenalan dlu deh sama Mbak Niar Ningrum.. *Jabat tangan

Kalo pertama kali kenalan sama saya dan lihat wajah saya, pasti kebanyakan orang nebak saya orang sunda, etapi banyak juga sih yang nebak saya orang Jawa, yaa minoritas juga bilang saya orang betawi.

Tapi coba perhatikan baik-baik wajah saya, kira-kira saya orang mana ya? 


Kata orang (bener kata orang lho) saya itu manis kayak gula jawa, jadi kebanyakan nebak saya orang jawa.. ahahahahahahah x_X *abaikan

Kalau dari logat ngomong sehari-hari, saya bisa dibilang bocah labil. Soalnya ngikutin orang yang diajak lawan bicara ... xixixixixixi *buka aib

Kalo ngobrol sama orang betawi, bahasa yg keluar dr mulut entah kenapa ikut-ikutan logat betawi, "Het dah, udah dari sononya pan begituh, mau diapain lagi?"

Kalo yang diajak ngomong orang Sunda, ya taunya cuma  naon, eta, kadie, cicing, dll ... hahahahaha terbatas banget dan tahu cuma dasar-dasarnya aja dan nggak tahu cara nulisnya.. XD

Kalo yang diajak ngomong orang Sulawesi, tahunya cuma "Ndak ada mi, sede.." atau "Jokka-jokka nah."
hahahahahaha

Terus, terus, kalo ditanya orang, "Mbak'e asalnya dari mana tho? Wong Jowo ya? Iso Boso Jowo, Mbak?" 
Abis itu pasti saya jawab, "Ngapunten, Mbak/Mas, kulo mboten saget Boso Jowo..." 
(Artinya: Maaf, Mbak/Mas, saya ngga bisa berbahasa Jawa).
Abis itu si penanya pasti bakal jawab "Lha,Mbak'e ki piye tho, lha barusan ngomong Boso Jowo."
Hahahahahaha itu sengaja saya jawab, karena bahasa jawa saya kurang bagus :p

Jadi saya itu orang mana sih?
Pengakuan deh, sebenarnya saya itu lahir di Jakarta, besar di Jakarta, sekolah juga di Jakarta. Ibu, Bapak, dan kakak perempuan saya lahir di Yogyakarta. Dulu waktu masih kecil sering diledekin sama sodara-sodara pas lagi pulang kampung, kalo saya satu-satunya anak Jakarta dan nggak diaku di Jogja..
Huwaaahuwaaaaaaa :'( sedih hiks..

Untungnya ya, meskipun setahun itu pulang ke Jogja cuma sekali atau dua kali, tapi ibu dan bapak suka berkomunikasi pake bahasa jawa pas di rumah. Termasuk juga telepon ke sedulur-sedulur di Yogjakarta atau di perantauan, pasti pakai bahasa Jawa. Jadi kakak dan saya menjadi pengguna pasif bahasa Jawa.
Kalau ada yang lagi bergosip pakai bahasa Jawa, saya paham.
Malah sekarang kalo di dunia per-Pesbukan seringnya pakai bahasa Jawa.. Udah mulai diaktifin nih meskipun cuma keturunan Wong Jowo.. heheheh
Ternyata ada hikmahnya juga dulu pas masih kecil diledekin, sekarang Ibu sama Bapak kalo ditanya orang, pasti bilang "Adeknya bisa bahasa Jawa, kakaknya yang kelahiran Jogja malah ngga lancar." *ciyeeeee cumiiiiiiii (kibas jilbab) ^^

Apalagi semenjak punya mantan wong Purworejo, kalo pacaran dulu smpe sekarang, kalo ketemu pasti pake bahasa Jawa. (mantan lagi yg diceritain -___-") Ngga luntur deh pake bahasa Jawanya.

Hal yang paling saya seneng adalah kalo lagi bercandaan sama temen yg sedaerah,  saya pasti pakai bahasa jawa. Tapi ya dikondisikan aja, pas di situ smua temen2 memang asalnya dari Jawa. Takutnya kalau ada yang dari daerah lain, dia malah ngga ngerti dan jadi su'uzon, ngerasa diomongin..

Smua bahasa daerah menurut saya unik-unik, ngga ada plus sama minusnya, malah saya pengen bisa dasar-dasarnya bahasa daerah dari mana saja di Indonesia. Kali aja bisa keliling Indonesia dan bisa dimurahin kalo belanja.. xixixixixixi *tanduk

Etapi bener lho, bahasa bisa memengaruhi dunia per-shopping-an... Contohnya ya, my darling dadar guling, dia sama-sama keturunan Jogja, tapi kelamaan tinggal dan lahir di Tangerang. Pas liburan kemarin ke Jogja (saya di Jakarta) dia mengeluh, tiap belanja makanan dimahalin.. akhirnya setiap dia mau belanja, saya harus ngajarin dia lewat BBM...
"Mbak, niki pinten nggih?"
"Gangsal ewu"
"Woalah mbak, larang temen.. Selawe ewu ya..? Pripun, Mbak?"
*Hahahahahah....x_X
 (terjemahan ada di bawah layar komputer Anda)
Percakapan di atas cuma bercandaan buat dia, jangan diikutin ya :p

Pokoknya saya suka pakai bahasa daerah mana saja.. yeaahhhh Hidup Indonesia!!!! MERDEKA!!!!
Walau berbeda-beda, tapi kita tetap satu, cuma ada di Indonesia.. \(^0^)/

Tapi Pemirsa percaya kan kalo saya orang Jogja?


Nih, potone kalo enggak percaya... :p

"Postingan ini diikutsertakan di Aku Cinta Bahasa Daerah Giveaway"








9 komentar:

  1. HAHAHAHA 5 ribu jadi 25 ewu mbak, parah, kalau dilihat dari wajahnya orang jawa mbak :D

    eeh makasih yaa mbak arum udah ikutan

    Dicatet PESERTA :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih, makasih, Mbak Niaaarrr...
      Smoga Bahasa Daerah ngga punah ya.. ^^

      Hapus
  2. wah, cantiknya mbak yang satu ini :)

    salam kenal juga ya mbak ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wewww,, makasih, Mbak Isha cantik...
      Blog Mbak Isha lebih cantik, orangnya jg lebih cantik dari saya.. Makasih ya buat kunjungannya ^^

      Hapus
  3. saiia gag peduli orang mana.. yg jelas cantik banged :p

    Belajar Photoshop

    BalasHapus
  4. orang sunda bisa,jawa bisa,betawi bisa, meadan lumayan, pslembang boleh,yang pasti bukan orang papua x_o

    BalasHapus
  5. kuk ra tau di update maneh blog e,

    BalasHapus